Berhasil Raih 84 Ribu Unit Pada 2023, Mitsubishi Fuso Siapkan Beragam Strategi Jitu Hadapi Pasar 2024

 

FN


Otojatim - APM Mitsubishi Fuso, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB),  tetap menjadi penguasa segmen kendaraan niaga selama 53 tahun dan mengumumkan strategi terbarunya untuk tahun ini  dalam menghadapi pasar kendaraan niaga melalui acara Media Gathering pada tanggal 8 Maret 2024. Pada tahun 2023 lalu, kondisi pasar kendaraan niaga di Indonesia mengalami gejolak dengan adanya penurunan permintaan hingga 9%, dengan volume pasar sebanyak 84.957 unit.

Kendati kondisi pasar belum menentu, Mitsubishi FUSO masih berkuasa dengan raihan Market Share sebesar 39,2% atau setara dengan 33.283 unit. Unit yang menyumbang penjualan antara lain berasal dari Canter di kelas truk ringan sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53% . Sedangkan di kelas truk sedang, Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18% atau sebanyak 4.179 unit.

Tak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purnajual sudah dilakukan Mitsubishi seperti perluasan layanan after sales service seperti Bengkel Siaga 24 Jam, parts depo, dan mobile workshop service, serta memperluas jaringan dealer yang saat ini total 222 sehingga Mitsubishi Fuso semakin dekat dengan konsumen. Guna mendekatkan diri kepada konsumen, Mitsubishi Fuso melalukan beberapa pendekatan digital. Salah satunya adalah penggunaan  aplikasi MyFuso App & Telematic Runner 3.0. 

Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors menjelaskan, “ dari aspek purnajual, Mitsubishi FUSO berhasil mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada tahun 2023, naik hingga 17% jika dibandingkan tahun 2022. Dengansemakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part diseluruh wilayah Indonesia sehinggamemudahkan bagikonsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka. ”


Di tahun 2024, KTB menargetkan untuk terus meningkatkan market share Mitsubishi Fuso menjadi 41% atau tumbuh sebesar 1,8% dengan total unit 34.850. “Kami akan mengusung strategi “customer-first” untuk mencapai target itu. Kami berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Fuso akan mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan Solusi bisnis yang tepatsesuaidengan harapan dan kebutuhan konsumen”,tambahAji Jaya.

Beberapa strategi untuk menghadapi tahun ini antara lain menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen, meningkatkan pelayanan dealer dengan pelayanan terpadu Fuso Pro-Shop, dan digitalisasi dengan penggunaan fitur Runner yaitu Bengkel Runner.

Menyambut bulan Ramadhan ini, Mitsubishi Fuso juga memanjakan konsumennya melalui beberapa promo purna jual menarik. Diantaranya, untuk konsumen yang ingin mendapatkan penanganan service cepat dengan fasilitas Fast Lane terdapat diskon 10% untuk penggantian filter oli dan filter solar, diskon 20% untuk oli mesin, dan diskon 10% untuk jasa pengerjaan. Tidak hanya itu, guna memudahkan pelanggan untuk menghadapi arus mudik, Mitsubishi Fuso membuka Bengkel Siaga 24 Jam dan Mobile Workshop Service yang beroperasi penuh selama bulan Ramadhan sampai Lebaran.

Pada bulan Juli ini, Mitsubishi FUSO akan secara resmi meluncurkan truk listrik yaitu eCanter yang akan dijual perdana pada kawasan Jabodetabek, dengan menyasar pelaku bisnis logistik. Melalui berbagai inovasi baru ini, Mitsubishi FUSO siap memperkuat posisinya sebagai distributor Mitsubishi FUSO di Indonesia dan terus memenuhi kebutuhan konsumen akan pentingnya kendaraan niaga. .

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi