iklan jual beli mobil

Tahun Ini, Isuzu Skill Competition Mengadu Mekanik Belia Dari SMK

IAMI

Otojatim – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali mengadakan Isuzu Skill Competition (ISC) 2024, dimana ISC merupakan ajang bergengsi untuk para After Sales dealer Isuzu di seluruh Indonesia. Ajang ini juga diselenggarakan berjenjang mulai dari tingkat bengkel, seleksi tingkat dealer, hingga ke tingkat nasional.

ISC sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 1995, sehingga tahun 2024 ini merupakan pelaksanaan ISC yang ke 26 kalinya, dan tetap mendapatkan respon yang positif dari para peserta di seluruh dealer Isuzu di Indonesia.

Yusak Kristian Solaeman – President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menjelaskan, bahwa selain kategori untuk mekanik dan partman, tahun ini juga ditambahkan kategori baru untuk SMK. “Langkah ini menunjukkan komitmen Isuzu dalam memaksimalkan pengembangan pengetahuan dan keterampilan SDM di tingkat SMK. Isuzu juga telah secara aktif melaksanakan program-program seperti Isuzu Education Partner, Pembekalan Wawasan Dunia Kerja, Praktek Kerja Industri, dan lainnya, untuk turut serta memajukan pendidikan SMK di Indonesia,” ujar Yusak Kristian di Jakarta.

Sejauh ini patut berbangga atas pencapaian Isuzu sepanjang tahun 2023, di mana Isuzu berhasil mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Di tahun 2023, market share Elf mencapai 25.9%, bertumbuh 0.8% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, market share Giga mencapai angka 17.0%, bertumbuh 4.0% dari tahun sebelumnya.

Pangsa pasar Traga juga mencatatkan pencapaian yang baik dengan mencapai angka 41.7%, bertumbuh sebesar 1.5% dari tahun sebelumnya. Pencapaian penjualan yang baik tersebut tentunya dapat tercapai dengan dukungan after sales yang kuat, yang dapat dilihat dari pencapaian service share CV Isuzu yang mencapai angka 53.8%. Pencapaian yang luar biasa tersebut juga tak lepas dari usaha keras jajaran Dealer dalam menjalankan strategi bisnis CV serta adanya kesadaran akan pentingnya sinergi yang baik antara Sales, Service, dan Spare Part (Triple Action Strategy).

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa peran After Sales pada bisnis CV sangatlah penting. Dibutuhkan manpower berkompetensi tinggi untuk mampu menuntun Isuzu mencapai visinya. Oleh karena itu, melalui Isuzu Skill Competition ini, harapannya dapat menjadi wadah bagi team After Sales untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme serta dapat mewujudkan tujuan world class people baik untuk mekanik, partman, dan juga SMK,” tutur Yusak Kristian.

 Yohanes Pratama – Director of Business Solution PT. IAMI mengatakan sangat senang sekali melihat antusiasme dari seluruh partisipan. Acara ini tidak hanya menjadi momen yang penting untuk merayakan dedikasi tim After Sales Isuzu, tetapi juga menjadi kesempatan untuk showcasing keterampilan luar biasa bagi tim After Sales Isuzu.

Isuzu Jepang juga memiliki pemahaman yang sama akan hal ini dan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi After Sales. Dalam mendukung hal tersebut, Isuzu Jepang akan melanjutkan I-1 Grand Prix untuk kategori LCV pada November 2024 dan CV pada Mei 2025. Pemenang kompetisi Isuzu Skill Competition tahun ini berkesempatan untuk mewakili Indonesia pada I-1 Grand Prix berikutnya.

“Selama bertahun-tahun, Indonesia memiliki reputasi yang baik dalam I-1 Grand Prix, secara konsisten menduduki peringkat teratas. Mari bersama-sama bekerja keras dalam beberapa bulan mendatang untuk memenangkan kompetisi tersebut,” ujar Yohanes.

Yohanes menambahkan, dengan adanya ISC 2024 ini, berharap Isuzu dapat mencapai kompetensi dan kualitas yang lebih tinggi dalam layanan aftersales. Dengan upaya terbaik dari seluruh ekosistem Isuzu, dan Isuzu dapat men-deliver value proposition "Fast & Easy Process" dengan baik, sehingga dapat menghasilkan keunggulan kompetitif yang kuat.

Pada ISC ke 26 ini dihadiri oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik Indonesia sebagai bentuk kolaborasi antara dunia industri dan pendidikan.

Wulan Aprilianti selaku Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menambahkan Kementerian Perindustrian sangat mendukung kegiatan ISC ini karena sangat membantu khususnya bagi para pelajar agar bisa meningkatkan pengetahuan dan pengalaman sebelum masuk ke dunia kerja.

“Kami sangat senang mendengar Isuzu mengadakan program ISC yang diselenggarakan setiap tahun dan sudah lama program ini dijalankan karena peserta terutama para pelajar di SMK bisa lebih paham soal kondisi di dunia kerja yang sesungguhnya,” ujar Wulan.

Uuf Brajawidagda Plt Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik Indonesia mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi program ISC yang diselenggarakan oleh Isuzu selama puluhan tahun. Kegiatan ini, khususnya yang tahun 2024 karena ada kategori baru, yaitu melibatkan siswa SMK maka sangat mengapresiasi karena para siswa dan siswi SMK bisa lebih mengenal di dunia kerja. “Pendidikan vokasi ini lebih intens masuk ke dunia kerja nyata. Ini bagus karena siswa-siswi SMK bisa semakin adaptif dan saya harap semua ini bisa dieskalasi dengan yang lainnya,” kata Uuf.


Pemenang Siswa SMK ISC 2024


Juara 1: Pinaka Riyan Dika - SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kab. Semarang - (Zirang Isuzu Salatiga)

Juara 2: Moh Zaenal Arif - SMK Putra Pangkalan Bun - (Borneo Isuzu Sampit)

 Juara 3: Ibni Fairuz Juma - SMKN 55 Jakarta - (Karabha Isuzu Jakarta)


Pemenang Kategori Partman

Juara 1: Agus Priyanto - Asco Isuzu

Juara 2: Albert Putra Kumambong - Astra Isuzu Jateng 

Juara 3: Zufardin Muhammad - Astra Isuzu Jatim

Pemenang Kategori Mekanik;

 Juara 1: Arif Warsito - Tunas Isuzu 

Juara  2: Yudi Prayogo - Zirang Isuzu 

Juara 3: Oki Maryono - Astrido Isuzu


LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi