Adiputro Luncurkan Bus Super Double Decker Sasis Mercedes-Benz 2445 Pertama di Indonesia

OTOJATIM - PT Adiputro Wirasejati (Adiputro), perusahaan karoseri ternama di Indonesia, memperkenalkan bus tingkat mewah terbaru, Jetbus 5 Super Double Decker (SDD) dengan sasis Mercedes-Benz O 500 RSD 2445 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang Selatan.


Pada acara tersebut, Adiputro juga menyerahkan sembilan unit bus, termasuk Jetbus 5 Super Double Decker, High Decker, Jumbo, dan Big Benz, kepada delapan perusahaan otobus dalam tiga hari pameran.

Direktur PT Adiputro Wirasejati, Andre Jethrokusumo, menyatakan bahwa armada bus yang diserahkan kali ini menggunakan sasis dari Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Hino RM, dan Scania. Khusus untuk Jetbus 5 Super Double Decker, Adiputro menggunakan sasis Mercedes-Benz O 500 RSD 2445 yang baru.

"Kami selalu berkomitmen untuk membangun bus yang handal, nyaman, dan aman bagi pengguna. Terima kasih kepada Mercedes-Benz, dealer, dan pelanggan atas kepercayaannya kepada kami," kata Andre saat penyerahan bus di Tangerang Selatan, Sabtu (20/7).

Andre menambahkan bahwa Adiputro merasa terhormat karena menjadi karoseri pertama di Indonesia yang menggunakan sasis 2445 dari Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI).

Sasis 2445 ini menawarkan teknologi Euro 5 dengan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan berkendara serta ramah lingkungan, dengan tenaga sebesar 450 horse power. Sebelumnya, Adiputro menggunakan sasis 2442 dengan kekuatan 420 horse power.

Direktur Adiputro, Jesse Jethrokusumo, menjelaskan bahwa sasis yang kuat ini memungkinkan Adiputro untuk membangun bodi bus super premium 6x2 dengan tiga axle, sesuai dengan tagline mereka "Senantiasa Terdepan" dan terus berinovasi.

“Sasis ini memungkinkan kami melakukan inovasi pada bus tingkat. Di lantai satu hanya ada enam seat dengan inovasi interior yang menawarkan kenyamanan maksimal bagi penumpang,” jelas Jesse.

Di lantai dua, Adiputro akan menempatkan 20 seat, namun konfigurasi ini dapat disesuaikan dengan permintaan klien.

Permintaan Bus Meningkat
Jesse juga menyebutkan bahwa permintaan bus terus meningkat setiap tahun, bahkan melampaui kapasitas produksi Adiputro. "Tahun ini, permintaan meningkat lebih dari 15 persen dari awal tahun, sehingga kami bisa memaksimalkan kapasitas produksi kami," kata Jesse.

Permintaan tinggi datang tidak hanya dari Jawa, tetapi juga dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan perusahaan-perusahaan pertambangan. Jalan tol Trans Sumatera yang terus berkembang mendorong munculnya perusahaan otobus baru, meningkatkan permintaan armada bus.

Inovasi Adiputro lainnya, seperti Bus Jetbus ROAMER Monocoque 4x4 untuk pekerja tambang, juga terus diminati oleh perusahaan-perusahaan tambang.

"Saya yakin, jika Ibu Kota Negara (IKN) sudah selesai, permintaan armada bus akan meningkat signifikan di Kalimantan," ujar Jesse. Adiputro berencana melakukan beberapa investasi di akhir 2024 untuk meningkatkan produksi dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Kami telah memesan beberapa mesin yang akan tiba tahun depan, untuk membantu meningkatkan kapasitas produksi kami,” tambah Jesse.

Presiden Direktur DCVI, Naeem Hassim, juga menyatakan bahwa permintaan sasis bus meningkat signifikan, dengan penjualan sasis pada kuartal pertama 2024 naik 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami melihat peluang besar di pasar Indonesia,” kata Naeem, seraya menambahkan bahwa bus-bus Adiputro selalu memenuhi peraturan pemerintah dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang tinggi.

Direktur Utama PO Berlian Jaya, Edy Birton, mengungkapkan bahwa permintaan layanan bus premium sangat tinggi, terutama untuk bus Dreamcoach Double Glass yang dilengkapi kaca panoramic, memberikan pengalaman perjalanan mewah bagi penumpang.

Edy juga menyebutkan bahwa layanan bus premium kini lebih diminati dibandingkan pesawat terbang untuk jarak Jakarta-Kudus, karena kenyamanan dan waktu tempuh yang relatif sama.

Berikut daftar bus yang diserahkan Adiputro di GIIAS 2024:
  1. Mercy 2445 Jetbus 5 SDD kepada PO Garuda Mas
  2. Mercy OF 917 Short E4 Jetbus 5 MD Single Glass kepada PO Juragan 99
  3. Mercy 1626 E4 Jetbus 5 Dreamcoach Double Glass kepada PO Berlian Jaya
  4. Mercy 1626 E4 Jetbus 5 Dreamcoach Single Glass kepada PO Pandawa
  5. Mercy 1626 E4 Jetbus 5 MHD Single Glass kepada PO Efisiensi
  6. Mercy OF 917 SHORT E4 Jetbus 5 BIG BENZ kepada PO Citra Kencana
  7. Mitsubishi FE71 Jetbus 5 JUMBO kepada PO Citra Kencana
  8. SCANIA K410 Jetbus 5 SDD kepada PO Harapan Jaya
  9. Hino RM Jetbus 5 SHD Single Glass kepada PO Subur Jaya

Bus medium yang diluncurkan Adiputro di GIIAS 2024:
  1. Mitsubishi FE71 Jetbus 5 JUMBO
  2. Mercy OF 917 SHORT E4 Jetbus 5 BIG BENZ

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi