Pertama di Asia, Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 Punya Fitur ADAS

  • Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menghadirkan Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 pertama di Asia yang menyematkan sistem keamanan dan keselamatan terbaru.

Pagedangan, Otojatim.com - Dengan kehadiran Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445, Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang menerima sasis bus dengan fitur keselamatan terbaru, yaitu fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 Jadi Bus Pertama di Asia yang Pakai Fitur ADAS

Mercedes-Benz O500 RSD 2445 dengan balutan body Double-decker SDD Jetbus 5 tersebut dibangun oleh Karoseri Adiputro untuk PO Garuda Mas Putera Esa.


Nama O500 sendiri merujuk pada tipe sasis premium yang diproduksi di Brazil. Adapun mesin yang digunakan berjenis OM 460 LA 6 silinder yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 449 hp/1,800 rpm, dengan daya angkut 24 ton. 


“Kami sebagai APM Mercedes-Benz Bus fokus pada keselamatan dan keamanan unit-unit kami yang dioperasikan di jalan darat Indonesia. Kami percaya dengan hadirnya sasis-sasis bus terbaru kami akan menumbuhkan kepercayaan yang stabil dan berkelanjutan dari pelanggan loyal Mercedes-Benz Bus di Indonesia,” kata Naeem Hassim selaku Presiden Direktur DCVI.

Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 Jadi Bus Pertama di Asia yang Pakai Fitur ADAS

Teknologi keselamatan terbaru hadir melalui adanya fitur Adaptive Cruise Control (ACA) dengan Active Brake Assist (ABA) 5 yang dapat mengantisipasi jarak kendaraan di depan dan keamanan pengereman. 


Tak ketinggalan Lane Departure Warning System (LDWS) untuk memastikan posisi kendaraan di jalan dengan memberi alarm getar di kursi pengemudi apabila bus melewati batas marka jalan. Fitur ini akan aktif secara otomatis ketika bus berkendara di atas 60 km/jam. 


Fitur lainya adalah ESP (Electronic Stability Program) yang membantu pengemudi menjaga kestabilan kendaraan dalam kondisi normal. Jika bus berjalan tidak stabil, maka sistem akan otomatis mengurangi tenaga untuk mengembalikan stabilitas kendaraan, atau secara otomatis  melakukan pengereman.


Karoseri PT Adiputro Wirasejati membangun sasis 2445 selama 4 bulan, dan dalam prosesnya terus mengikuti arahan Body Building Directive secara detail dari pihak DCVI.


"Kami bangga mendapat kesempatan untuk membuktikan kredibilitas dan kemampuan kami dengan membangun sasis baru ini. Ada beberapa hal baru yang menarik bagi kami ketika proses membangun bodinya, seperti hadirnya sensor depan untuk fitur terbaru ADAS dalam mendeteksi jalur pengendara di jalanan," kata Jesse Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati.

Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 Jadi Bus Pertama di Asia yang Pakai Fitur ADAS

Lebih lanjut, Jesse mengatakan timnya memberikan sentuhan spesial pada O500 RSD 2445. 


"Untuk pertama kalinya kami menghadirkan first-class captain seat layaknya business-class pesawat. Tentu saja ini hanya bisa terwujud dengan bantuan dari pihak DCVI yang juga dengan setia menghadirkan Body Builder Advisor-nya untuk mendampingi kami dalam menjamin semua teknologinya terfasilitasi dengan baik,” ujar Jessem


Sasis baru tersebut mempu mengangkut total 36 penumpang, dengan kombinasi kursi eksekutif dan kursi kompartemen di dek atas, serta first-class 4 captain-seat dan 2 sleeper-seat di dek bawah.


PO Garuda Mas Putera Esa merasa bangga menjadi konsumen pertama yang memiliki bus dengan sasis pertama di Asia, 


Garuda Mas telah menggunakan bus tronton mercedes-benz yakni OC500RF 2542 sejak tahun 2016. Saat ini 28 unit bus Mercedes-Benz beroperasi termasuk Mercedes-Benz OH 1626. 


“Kami mendapat kesempatan sebagai PO yang pertama kali mengoperasikan model terbaru bus double-decker Mercedes-Benz O500 RSD 2445 ini. Sebelumnya kami tidak menyangka bahwa model terbaru ini memiliki fitur keselamatan terbaru (ADAS) yang canggih seperti passenger cars, sehingga kami bangga bisa menjadi yang pertama di Indonesia dalam memberikan pelayanan tersebut kepada masyarakat pengguna angkutan bus,” kata Benyamin Darmawan, Direktur Operasional PT Garuda Mas. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi